Jakarta, 21 September 2025 – PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih penghargaan “The Best Aftersales Service Award” dari ajang bergengsi Carvaganza Editors’ Choice Award 2025 pada Jumat (19/9). Penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen Toyota dalam menghadirkan layanan purna jual atau aftersales yang melampaui ekspektasi (Beyond Services), memberikan rasa tenang, dan menjaga loyalitas pelanggan dari generasi ke generasi.
“Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan The Best Aftersales Service Award dari event Carvaganza Editors’ Choice Award 2025,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily. Beliau menambahkan, Toyota memandang layanan aftersales bukan sekadar urusan servis kendaraan, tetapi bagaimana bisa memberikan Beyond Services yang berkualitas, inklusif, mengikuti perkembangan zaman, dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Jaringan Luas dan Layanan Bengkel yang Lengkap
Untuk memastikan mobilitas pelanggan selalu terjaga, Toyota didukung oleh 359 jaringan resmi yang beroperasi hingga ke kota kecamatan, berkat kolaborasi dengan stakeholders terpercaya. Pelanggan tak perlu ragu, semua workshop resmi Toyota telah dilengkapi fasilitas bengkel dan teknisi yang tersertifikasi, menjamin kualitas pekerjaan. Selain itu, jaminan suku cadang asli Toyota yang bergaransi memastikan mobil dapat bermobilitas tanpa kendala dalam jangka waktu panjang.
Toyota juga menghadirkan beragam turunan layanan bengkel demi kemudahan pelanggan:
- Toyota Mobile Service (TMS): Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan servis berkala dan perbaikan ringan langsung di lokasi mereka. Beberapa TMS bahkan dapat memasang aksesoris resmi Toyota.
- Emergency Roadside Assistance (ERA): Layanan tanggap darurat 24 jam yang disediakan melalui asuransi atau tim ERA untuk membantu pelanggan saat mengalami kendala di jalan.
- Bengkel OtoXpert: Sebagai alternatif, pelanggan bisa melakukan servis berkala di 40 bengkel OtoXpert, yang merupakan bengkel umum di bawah operasi bengkel resmi Toyota. Kualitas kerjanya terjamin karena ditangani oleh tim berpengalaman dan juga memberikan jaminan suku cadang asli bergaransi.
- Toyota Part Shop Partner: Untuk opsi suku cadang berkualitas dengan harga lebih terjangkau, pelanggan dapat membeli produk T-OPT di Toyota Part Shop Partner dan bengkel OtoXpert.
Siap Dukung Era Kendaraan Elektrifikasi
Seiring meningkatnya popularitas kendaraan elektrifikasi (xEV) di Indonesia melalui Multi Pathway Strategy Toyota , layanan aftersales pun terus berkembang. PT TAM menyiapkan xEV Ecosystem untuk mendukung penuh mobilitas pengguna kendaraan listrik mereka.
Jaringan bengkel resmi Toyota kini sudah “electrification ready”. Selain itu, Toyota telah memasang charging spot gratis di 113 dealer resmi dan 4 di area publik. Fasilitas ini juga tersedia di beberapa titik rest area dan mal bergengsi, dan jumlahnya akan terus bertambah untuk memenuhi kebutuhan mobil listrik Toyota yang makin lengkap.
Khusus untuk kendaraan elektrifikasi, termasuk hybrid EV dan Battery EV Toyota, pelanggan mendapatkan garansi baterai selama 8 tahun atau 160.000 km, mana yang tercapai lebih dahulu. Terbaru, Toyota juga menyediakan layanan Hybrid Health Check, yaitu layanan pemeriksaan baterai.
Program T-CARE dan Aplikasi mToyota: Semuanya Jadi Mudah
Toyota juga meluncurkan program T-CARE untuk memastikan pelanggan tidak perlu khawatir soal biaya servis berkala mobil mereka. Pelanggan akan mendapatkan manfaat dari program ini hingga servis berkala ke-7 (maksimal 4 tahun/ 50.000 km). Ada pula tambahan extended warranty selama 1 tahun atau 20.000 km jika rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi Toyota.
Untuk kemudahan digital, Toyota menyediakan aplikasi mToyota dengan platform yang terintegrasi secara luring dan daring. Pelanggan dapat menggunakan fitur seperti pemesanan layanan servis (Service Booking) dan pemantauan status servis secara berkala (Monitor Service Progress). Aplikasi ini juga otomatis menghadirkan notifikasi dan pengingat servis berkala, berkat sistem yang mengingat histori dan preferensi pengguna.
Secara umum, melalui jaringan bengkel resmi di seluruh Indonesia, Toyota akan memberikan perbaikan atau penggantian komponen yang termasuk dalam skema garansi dan tidak berfungsi baik atau rusak, secara gratis.
Jaminan Worry Free dengan Toyota Mobility Solution
Menutup apresiasi ini, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide, menegaskan bahwa dengan Toyota Mobility Solution, biaya perawatan mobil pelanggan menjadi sangat rendah, sehingga mereka cukup fokus pada operasional harian.
“Worry free, perawatan dan perbaikan kendaraan yang kami sediakan bersama jaringan value chain, menjangkau pelosok wilayah dan memberikan dukungan pada segala jenis kendaraan, termasuk elektrifikasi yang makin populer,” tutup Hiroyuki Oide. Ia berharap apresiasi dari masyarakat dapat terus menginspirasi Toyota untuk melakukan pengembangan layanan aftersales secara berkelanjutan.